Mewujudkan Negeri Berkah

Kelok Sembilan Sumbar


Kunci negeri barokah adalah iman & taqwa

ولو أن أهل القرى آمنوا واتقو لفتحنا بركات من السماء والأرض

Andai penduduk sebuah negeri mau beriman dan bertaqwa pasti akan Kami bukakan pintu keberkahan dari langit dan bumi…(QS. Al-A’rof:96)

Imam Ghozali berkata bahwa berkah itu add adalah bertambahnya kebaikan
Imam Nawawi, tumbuh, berkembang kebaikan yang berkesinambungan.

Qurtubi mamaknai ayat di atas, kerberkahan dari langit dan bumi itu hujan dan tumbuh-tumbuhan.

al-Baghawi dalam kitab Anwar al-Tanzil wa Asrar al-Ta’wil menjelaskan, keberkahan dalam ayat tersebut adalah diluaskan dan dimudahkannya berbagai macam kebaikan di seluruh penjuru.

ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لايحتسب

Siapa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, Allah menjadikan jalan keluar dan memberi rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka (QS. At-Tholaq:2-3)

menjadikan makharaj (jalan keluar) dari setiap permasalahan, memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, dan menjadikan segala urusannya mudah.

Akan tetapi bila ingkari akan nikmat Allah

وَضَرَبَ اللّٰهُ مَثَلًا قَرْيَةً كَانَتْ اٰمِنَةً مُّطْمَىِٕنَّةً يَّأْتِيْهَا رِزْقُهَا رَغَدًا مِّنْ كُلِّ مَكَانٍ فَكَفَرَتْ بِاَنْعُمِ اللّٰهِ فَاَذَاقَهَا اللّٰهُ لِبَاسَ الْجُوْعِ وَالْخَوْفِ بِمَا كَانُوْا يَصْنَعُوْنَ

“Dan Allah telah membuat perumpaan sebuah negeri yang dahulunya aman, tenteram, rezekinya datang melimpah ruah dari setiap tempat, tetapi karena penduduknya mengingkari nikmat-nikmat Allah, maka Allah merasakan bencana kelaparan dan ketakutan sebab ulah perilaku mereka sendiri.” (QS an-Nahl: 112).

Wallahua’lamu bi As-Showab

Leave a comment