Pentingnya Ilmu

Membekali diri dengan ilmu sehubungan dengan apa yang kita amalkan merupakan perkara penting. Rasulullah bersabda:

“Ilmu itu imamnya amal, sedang amal adalah makmumnya”

Maka, belajar akan  ilmu pengetahuan mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan. Dengan ilmu pengetahuan hidupnya akan menjadi mudah dan terarah. Begitu pula halnya dengan ilmu yang berkaitan dengan ibadah sebab tanpa ilmu satu amalan tidak akan sempurna bahkan amalan tersebut ditolak. Contoh: Ibadah shalat, sholat merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seorang muslim. Maka, wajib hukumnya seorang muslim mengetahui ilmunya berupa syarat dan rukunnya agar sholat yang dikerjakannya sempurna.

Amal tanpa ilmu akan banyak salahnya dari pada benarnya sehingga menjadikan amalnya semakin rusak dan semakin jauh dari Allah.

Ilmu pengetahuan merupakan karunia dari Allah swt kepada manusia, Allah juga menyatakan bahwa hanya dengan ilmu, manusia mampu memahami perumpamaan yang diberikan-Nya, dalam firman-Nya:

“Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia, dan tiada memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.”(QS.Al-Ankabut:43)

Dalam mencari ilmu haruslah bertahap sedikit demi sedikit serta memulainya dengan hal-hal yang pokok, kaidah-kaidah dan ringkasan-ringkasan hingga betul-betul mengerti dan paham. 

Mengetahui batasan-batasan, hal-hal pokok akan menjadikan seseorang mampu menelaah dan mengambil keputusan setiap masalah yang mereka hadapi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s