Kiat Puasa Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang paling mulia penuh dengan keberkahan, rahmat dan ampunan dari Allah swt. Hari-harinya adalah paling utama, malam-malanya adalah malam paling utama serta waktu-waktunya adalah yang paling utama. Pada bulan ini, kita menjadi tamu-tamu Allah swt untuk itu kita dimuliakan oleh-Nya. Setiap hembusan dan tarikan nafasnya orang yang berpuasa adalah tasbih, tidurnya adalah ibadah, amal ibadahnya diterima dan doanya diijabahkan oleh Allah swt.
Sabda Rosulullah saw:
قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ فِيْهِ يُفْتَحُ فِيْهِ أَبْوَابُ اْلجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ اْلجَحِيْمِ وَتَغُلُّ فِيْهِ الشَّيَطِيْنَ فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ (رواه أحمد)

“Telah datang kepadamu bulan ramadhan, bulan yang mulia yang mana Allah wajibkan bagimu untuk mempuasakannya, bulan tersebut dibukakannya pintu-pintu surga, dikuncinnya pintu-pintu neraka dan dibelunggunya syaithan, di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Barang siapa yang tidak diberikan kebaikan selama bulan tersebut berarti telah tidak diberikan kepadanya segala bentuk kebaikan”. (HR. Ahmad)

Dengan kutamaan bulan ini maka setiap muslim dipenjuru dunia senantiasa menantikan kehadirannya dan tentunya kita sebagai muslim yang baik, tidak akan melewatkan begitu saja momen ramadhan ini. Agar ramadhan tahun ini dapat kita manfaatkan dengan baik tentunya ada beberapa kiat yang harus kita persiapkan. Karena, persiapan merupakan tahap awal yang penting dalam pencapaian visi, misi dan tujuan. di antaranya sebagai berikut:
1. Niat
Rasulullah saw bersabda:
إِنَّمَااْلأَعْمَالُ بِالنِّيَات
“Sesungguhnya amal dengan niat”
Puasa bukan hanya sekedar ritual belaka, ajang menggugurkan kewajiban tanpa menghayati dan meresapi esensi ibadah tersebut. Untuk itu, niat sangatlah penting dalam melakukan setiap amal perbutan kita. Karena hasil dari suatu amal perbuatan tergantung dengan niat kita. Niat tersebut tentunya harus disertai pula dengan kesungguhan menjadikan ramadhan tahun ini sebagai musim untuk menghasilkan berbagai kebajikan. Anggaplah ramadhan tahun ini sebagai ramadhan terakhir buat kita, sehingga tertanam tekad yang disertai dengan keikhlasan untuk konsisten dalam beribadah dan beramal sholeh.
2. Taubat
Bertaubat kepada Allah swt semestinya kita lakukan setiap saat bukan pada waktu-waktu tertentu saja. Akan tetapi, bertaubat sebelum masuk ramadhan adalah hal yang utama agar kita bertemu dengannya dalam keadaan bersih dari noda dan dosa yang mengotori jiwa kita. Allah swt berfirman:
تُبُوْا إِلَى اللهِ جَمِيْعًا أَيُّهَااْلمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
“dan bertaubatlah kamu sekalian wahai orang yang beriman supaya kamu beruntung (QS. An-Nur:31)
Jiwa yang bersih serta hati yang ikhlas adalah modal yang sangat berharga untuk memasuki bulan ramadhan.
3. Mempersiapkan mental dan spiritual
Ibada puasa membutuhkan persiapan mental dengan menanamkan tekad yang bulan untuk menjadikan ramadhan sebagai sarana untuk memperbaiki diri. Persiapan spiritualnya dengan membekali diri dengan ketentuan, aturan dan hukum puasa, adat dan etika serta amalan yang biasa dilakukan Rasulullah selama bulan puasa.
4. Mempersiapkan ilmu
Pemahaman yang memadai seputar ramadhan seperti amalan wajib, amalan sunnah, hal-hal yang membatalkan dan mengurangi nilai puasa, zakat, infaq dan shodaqoh sangatlah penting dalam ibadah puasa. Sehingga dalam melaksanakan amalan ibadahnya tidak sia-sia. Sabda Rasulullah saw:
اْلعَمَلُ بِلَا عِلْمٍ مَرْدُوْدٌ
“Amalan yang tidak berdasarkan ilmu ditolak”

Wallohua’lamubisshowab

Advertisements

One thought on “Kiat Puasa Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s